Ayahnya pemilik tanah perahan yang luas, dan pada suatu hari ketika beliau sedang sibuk mengurus bangunan, beliau berkata kepada Salman "Wahai anakku, hari ini aku sibuk mengurusi bangunan, aku tidak sempat mengurusi tanah, cobalah engkau pergi kesana !" dan beliau juga menyuruh Salman untuk menyelesaikan beberapa pekerjaan disana.
Salman keluar menuju tanah ayahnya dan dalam perjalanan ia melewati salah satu gereja Nasrani. Ia mendengar suara-suara mereka yang sedang sembahyang. Ia tak mengerti mengapa ayahnya mengharuskan ia tinggal didalam rumah saja. Ketika Salaman melewati gereja itu, ia mendengar suara mereka sedang beribadah maka ia masuk ke dalam gereja itu untuk mengetahui apa yang sedang mereka lakukan.
Begitu ia melihat mereka sedang beribadah, Salman berkata dalam hati "Demi Allah, ini lebih baik dari agama yang kita anut selama ini." Ia pun tidak beranjak dari tempat itu hingga matahari terbenam dan ia tidak pergi ke tanah ayahnya. Salman bertanya kepada mereka, "Dari mana asal usul agama ini?" dan merekapun menjawab, "Dari Syam (Syiria)."
Salaman pun langsung pulang ke rumah ayahnya dan ayahnya telah mengutus seseorang untuk mencari Salman. Sementara ia tidak mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh ayahnya. Maka ketika ia bertemu dengan ayahnya, beliau bertanya,"Anakku kemana saja kamu pergi?, Bukankah aku telah berpesan kepadamu untuk mengerjakan apa yang telah aku perintahkan?" Salman menjawab, "Ayah, aku melewati pada suatu kaum yang sedang beribadah di dalam gereja, ketika aku melihat ajaran agama mereka aku kagum. Demi Allah, aku tidak beranjak dari tempat itu sampai matahari terbenam."
"Wahai anakku, tidak ada kebaikan sedikitpun dalam agama itu. Agamamu dan agama ayahmu lebih bagus dari agama itu", Jawab sang ayah. Tetapi Salman pun membantah, "Demi Allah, sekali-kali tidak! Agama itu lebih bagus dari agama kita." Kemudian ayahnya pun khawatir dengan keadaan Salman, sehingga ia merantai kaki Salman dan memenjara Salman didalam rumah.
Suatu hari ada segerombolan orang Nasrani yang diutus untuk menemui Salman dan Salman berpesan kepada orang-orang Nasrani tersebut, "Jika ada rombongan dari Syiria yang terdiri dari para pedagang Nasrani, maka beritahulah aku". Ia juga meminta apabila para pedagang itu telah selesai urusannya dan akan kembali ke negrinya, memberiku izin untuk bisa menemui mereka.
Ketika para pedagang itu hendak pergi ke negrinya, mereka memberitahu kepada Salman, kemudian Salman melepas rantai besi yang mengikat kakinya dan ia pergi bersama mereka hingga tiba di Syiria. Sesampainya ia di Syiria, ia bertanya, "Siapakah orang yang ahli agama disini?",merekapun menjawab, "Uskup (Pendeta) yang tinggal di gereja." Kemudian, Salman menemui Pendeta itu dan berkata kepaadanya, "Aku sangat mencintai agama ini, dan aku ingin tinggal bersamamu, aku akan membantumu di gerejamu, agar aku dapat belajar denganmu dan beribadah bersama-sama kamu." Pendeta itu menjawab, "Silahkan."
Maka Salman pun tinggal dengannya. Ternyata Pendeta tersebut adalah seseorang yang jahat, dia menyuruh dan menganjurkan umatnya untnuk bersedekah, namun setelah sedekah itu terkumpul dan diserahkan kepadanya, ia menyimpan sedekah tersebut untuk dirinya sendiri, tidak diberikan kepada orang-orang miskin sehingga terkumpullah 7 peti emas dan perak. Salman sangat benci perbuatan Pendeta itu. Kemudian ia meninggal. Orang-orang Nasrani pun berkumpul untuk mengebumikannya. Ketika itu ia menyampaikan kepada khalayak, "Sebenarnya, pendeta ini adalahseorang yang berperangai buruk, menyuruh dan menganjurkan kalian untuk bersedekah. Tetapi jika sedekah itu telah terkumpul, dia menyimpanya untuk dirinya sendiri, tidak memberikannya kepada orang-orang miskin barang sedikitpun."
Mereka pun mempertanyakan apa yang telah Salman sampaikan, "Apa buktinya bahwa kamu mengetahui akan hal itu?" Salman menjawab, "Marilah aku tunjukkan kepada kalian simpanannya itu." Mereka berkata, "Baik tunjukkan simpanan tersebut kepada kami."
Lalu Salman memperlihatkan tempat penyimpanan sededkah itu. Kemudian mereka mengeluarkan sebanyak 7 peti yang penuh berisi emas dan perak. Setelah meeka menyaksikanbetapa banyakknya simpanan pendeta itu, mereka berkata, "Demi Allah, selamanya kami tidak menguburnya." Kemudian mereka menyalib pendeta itu pada tiang dan melempari jasadnya dengan batu.
Kemudian mereka mengangkat orang lain sebagai penggantinya. Salman tidak pernah melihaat seseorang yang tidak mengerjakan shalat lima waktu (bukan seorang muslim) yang lebih bagus dari dia, dia sangat zuhud, sangat mencintai akhirat, dan selalu beribadah siang malam. Maka Salman pun sangat mencintainya dengan cinta yang tidak pernah ia berikan kepada selainya. Ia ia tinggal bersamanya beberapa waktu.
Kemudian ketika kematiannya menjelang, ia berkata kepadanya, "Wahai Fulan, selama ini aku hidup bersamamu, dan aku sangat mencintaimu, belum pernah ada eorangpun yang aku cintai seperti cintaku kepadamu, padahal sebagaimana kamu lihat, telah menghampirimu saat berlakunya takdir Allah, kepada siapakah aku ini engkau wasiatkan, apa yang engkau perintahkan kepada ku?"
Orang itu berkata, "Wahai anakku, demi Allah, ekarang ini aku sudah tidak tahu lagi siapa yang mempunyai keyakinan seperti aku. Orang-orang yang aku kenal telah mati, dan masyarakatpun mengganti ajaran yang benar dan meninggalkannya sebagiannya, kecuali seorang yang tinggal di Mosul (kota di Irak), yakni Fulan, dia memegang keyakinan seperti aku ini, temuilah ia disana!".
Lalu tatkala ia telah wafat, Salman berangkat untuk menemui seseorang di Mosul. Ia berkata, "Wahai Fulan, sesungguhnya si Fulan telah mewasiatkan kepadaku menjelang kematiannya agar aku menemuimu, dia memberitahuku bahwa engkau memiliki keyakinan sebagaimana dia." Kemudian orang yang telah Salman temui berkata,"Silahkan tinggal bersamaku." Salman pun tinggal bersamanya. Salman dapati ia sangat baik sebagaimana yang diterangkan si Fulan kepadanya". Namun ia pun dihampiri kematian. Dan ketika kematian menjelang, Salman bertanya kepadanya, "Wahai Fulan, ketika itu si Sulan mewasiatkan aku kepadamu dan agar aku menemuimu, kini takdir Allah akan berlaku atasmu sebagaimana engkau maklumi, oleh karena itu kepada siapakah aku ini hendak engkau wasiatkan? Dan apa yang engkau perintahkan kepadaku?"
Orang itu berkata, "Wahai anakku, Demi Allah, tak ada seorangpun sepengetahuanku yang seperti aku kecuali seorang di Nashibin (kota di Aljazair), yakni Fulan. Temuilah ia !" Maka setelah beliau wafat, Salman menemui seseorang yang berada di Nashiban itu. Setelah Salman bertemu dengannya, ia menceritakan keadannya dan apa yang telah diperintahkan si Fulan kepadanya.
Orang itu berkata, "Silahkan tinggal bersamaku." Sekarang Salman mulai hidup bersamanya. Salman dapati ia benar-benar seperti si Fulan yang aku pernah hidup bersamanya. Aku tinggal bersama seseorang yang sangat baik. Namun, kematian hampir datang menjemputnya. Dan diambang kematiannya Salman berkata, "Wahai fulan, ketika itu si Fulan mewasiatkan aku kepada Fulan, dan kemarin Fulan mewasiatkan aku kepadamu? sepeninggalmu nanti kepada siapakah aku akan engkau wasiatkan? Dan apa yang akan engkau perintahkan kepadaku?"
Orang itu berkata, "Wahai anakku, Demi Allah, tidak ada seorangpun yang aku kenal sehingga aku perintahkan kamu untuk mendatanginya kecuali seseorang yang tinggal di Amuria (kota di Romawi). Orang itu menganut sebagaimmana yang selma ini kami pegang."
Setelah seseorang yang baik itu meninggal dunia, Salman pergi menuju Amuria. Salman menceritakan prihal keadaannya kepadanya. Dia berkata, "Silahkan tinggal bersamaku." salman pun hidup bersama seseorang yang ditunjuk oleh kawannya yang sekeyakinan. Di tempat orang itu Salman bekerja, sehingga ia memiliki beberapa ekor sapi dan kambing. Kemudian takdir Allah pun berlaku untuknya. Ketika itu Salman berkata, "Wahai Fulan, selama ini aku hidup bersama Fulan, kemudian dia mewasiatkan aku untuk menemui si Fulan, kemudian si Fulan juga mewasiatkan aku agar menemui Fulan, kemudian Fulan mewasiatkan aku untuk menemui mu, sekarang kepada siapakah aku ini akan engkau wasiatkan? Dan apa yang akan engkau perintahkan kepadaku?"
Orang itu berkata, "Wahai anakku, demi Allah, aku tidak akan mengetahui seorangpun yang akan aku perintahkan kamu untuk mendatanginya. Akan tetapi telah hampir tiba waktu munculnya seorang nabi, dia diutus denganmembawa ajaran nab Ibrahim. Nabi itu akan keluar diusir dari suatu tempat di Arab kemudian berhijtrah menuju daerah antara dua perbukitan. Diantara dua bukit itu tumbuh pohon-pohon kurma. Pada diri nabi itu terdapat tanda-tanda yang tidak dapat disembunyikan, dia mau makan hadiah tetapi tidak mau menerima sedekah, di antara kedua bahunya terdapat tanda cincin kenabian. Jika engkau bisa menuju daerah itu, berangkatlah kesana!" Kemudian orang tersebut meninggal dunia. Dan sepeninggalnya, Salman masih tinggal di Amuria sesuai dengan yan dikehendaki Allah.
Pada suatu hari, lewat di hadapan Salman serombongan orang dari Kalb, mereka adalah pedagang.Salman berkata kepada para pedagang itu, "Bisakah kalian membawaku menuju tanah Arab dengan imbalan sapi dan kambing-kambingku?" Mereka menjawab, "Ya". Lalu ia memberikan ternaknya kepada mereka. Mereka membawaku, namun ketika tiba di Wadil Qura, mereka menzhlimi Salman, dengan menjualnya sebagai budak ke tangan seorang Yahudi. Kini ia tinggal ditempat seorang Yahudi. Salman melihat pohon-pohon kurma, ia berharap, mudah-mudahan ini daerah sebagaimana yang telah disebutkan si fulan kepadanya. Salman tidak bisa hidup bebas.
Ketika Salman berada disamping orang Yahudi itu, keponakannya datang dari Madinah dari Bani Quraidzah. Ia membeli Salman darinya. Kemudian membawanya ke Madinah. Begitu Salman tiba di Madinah ia segera tahu berdasarkan apa yang disebutkan Fulan kepadaku. Sekarang ia tinggal di Madinah.
Allah mengutus seorang Rasulnya, dia telah tinggal di Mekkah beberapa lama, yang ia sendiri tidak pernah mendengar ceritanya karena kesibukannya sebagai seorang budak. Kemudian Rasul itu berhijrah ke Madinah. Demi Allah, ketika ia berada dipuncak pohon kurma majikannya karena ia bekerja di perkebunan, sementara majikannya duduk, tiba-tiba salah seorang keponakannya datang menghampiri, kemudian berkata, "Fulan, Celakalah Bani Qailah (suku Aus dan Khazraj). Mereka kin sedang berkumpul di Quba' menyambut seseorang yang datang dari Mekkah pada hari ini. Mereka percaya bahwa orang itu Nabi."
Tatkala Salman mendengar pembicaraannya, ia gemetar sehingga ia khawatir jatuh menimpa majikannya. Kemudian ia turun dari pohon dan bertanya kepada keponakan majikannya, "Apa tadi yang engkau katakan? Apa tadi yang engkau katakan?" Majikannya sanagt marah, dia memukulku dengan pukulan yang keras. Kemudian berkata,"Apa urusanmu menanyakan hal ini, Lanjutkan pekerjaanmu."
Salman menjawab, "Tidak ada maksud apa-apa, aku hanya ingin mencari kejelasan terhadap apa yang dikatakan. Padahal sebenarnya saya telah memiliki beberapa informasi mengenai akan diutusnya seorang Nabi itu."
Pada sore hari, Salman mengambil sejumlah bekal kemdian ia menuju Rasulullah saw, ketika itu beliau sedang berada di Quba, lalu ia menemui beliau. Salman berkata, "Telah sampai kepadaku kabar bahwasanya engkau adalah seorang yang shalih, engkau memiliki beberapa orang sahabat yang dianggap asing dan miskin. Aku membawa sedikit sedekah, dan menurutku kalian lebih berhak menerima sedekahku ini daripada oranglain."
Salmanpun menyerahkan sedekah tersebut kepada beliau, kemudian Rasulullah saw bersabda kepada para sahabat,"Silahkan kalian makan, sementara beliau tidak menyentuh sedekah itu dan tidak memakannya. Salman berkata, "Ini satu tanda kenabiyannya."
Salman pulang meninggalkan beliau untuk mengumpulkan sesuatu. Rasulullah saw pun berpindah ke Madinah. Kemudian pada suatu hari, Salman mendatangi beliau sambil berkata, "Aku memperhatikanmu tidak memakan pemberian berupa sedekah, sedangkan ini merupakan hadiah sebagai penghormatanku kepada engkau."
Kemudian Rasulullah makan sebagian dari hadiah pemberianku danmemerintahkan para sahabat untuk memakannya, merekapun makan hadiah itu. Salman berkata dalam hati,"Inilah tanda kenabian yang kedua." Selanjutnya Salman menemui beliau saw saat beliau sedang berada dikuburan Baqi' al-Gharqad, beliau sedang mengantarkan jenazah salah seorang sahabat, beliau mengenakan dua lembar kain, ketika itu, beliau sedang duduk diantara para sahabat, ia mengucapkan salam kepada beliau. Kemudian ia berputar memperhatikan punggung beliau, adakah ia akan melihat cincin yang disebutkan si Fulan kepadanya.
Pada saat Rasulullah saw melihat Salman sedang memperhatikan beliau, beliau mengetahui bahwa ia sedang mencari kejelasan tentang sesuatu ciri kenabian yang disebutkan salah seorang kawannya. Kemudian beliau melepas kain selendang beliau dari punggung, ia berhasil melihat tanda cincin kenabian dan ia yakin bahwa beliau adalah seorang Nabi. Maka Salman telungkup di hadapan beliau dan memeluknya seraya menangis.
Rasulullah bersabda, "Geserlah kemari," maka ia pun bergeser dan menceritakan keadaannya. Kemudian para sahabat takjub kepada Rasulullah saw ketika mendengar cerita perjalanan hidupnya itu." Salman sibuk bekerja sebagai budak. Dan perbudakan inilah yang menyebabkan Salman terhalang mengikuti perang Badar dan Uhud. "Rasulullah saw suatu hari bersabda kepadanya, "Mintalah kepada majikanmu untuk bebas wahai Salman!" Maka majikannya membebaskannya dengan tebusan 300 pohon kurma yang harus aku tanam untuknya dan 40 uqiyah.
Kemudian Rasulullah saw mengumpulkan para sahabat dan bersabda, "Berilah bantuan kepaa saudara kalian ini." Mereka pun membantunya dengan memberi pohon (tunas) kurma. Seorang sahabat ada yang memberinya 30 pohon atau 20 pohon, ada yang 15 pohon dan ada yang 10 pohon, masing-msing sahabat memberinya pohon kurma sesuai dengan kadar kemampuan mereka, sehingga terkumpul benar-benar 300 pohon. Setelah terkumpul, Rasulullah bersabda kepada Salman. " Berangkatlah wahai Salman dan tanamlah pohon kurma ituuntuk majikanmu, jika telah selesai datanglah kemari aku akan meletakkannya ditanganku," Ia pun menanamnya dengan dibantu para sahabat. Setelah selesai Salman menghadap Rasulullah saw dan memberitahukan perihalnya.
Kemudian Rasulullah saw keluar bersamanya menuju kebun yang ia tanami itu. Kami dekatkan pohon (tunas) kurma itu kepada beliau dan Rasulullah pun meletakkannya di tangan beliau. Maka demi jiwa Salman yag berada di Tangan Nya, tidak ada sebatang pohon pun yang mati. Untuk tebusan pohon kurma sudah terpenuhi, ia masih mempunyai tanggungan uang sebesar 40 uqiyah. Kemudian Rasulullah saw membawa emas sebesar telur ayam hasil dari rampasan perang. Lantas beliau bersabda, "Apa yang telah dilakukan Salman al-farisi?" Kemudian ia dipanggil beliau, lalu beliau bersabda. "Ambillah emas ini, gunakan untuk melengkapi tebusanmu wahai Salman!"
Wahai Rasulullah saw, bagaimana status emas ini bagiku?" Rasulullah menjawab, "Ambil saja! InsyaAllah, Allah SWT akanmemberi kebaikan kepadanya." Kemudian aku menimbang emas itu. Demi jiwa Salman yang berada di Tangan Nya, berat ukuran emas itu 40uqiyah. kemudian ia penuhi tebusan yang harus ia serahkan kepada majikannya dan ia dimerdekakan. Setelah itu, Salman turut serta bersama Rasulullah saw dalam perang Khandaq dan sejak itu tidak ada satu peperangan yang tidak ia ikuti. " [1]
PELAJARAN YANG DAPAT DIPETIK:
- Di antara hasil/buah mentaati kedua orang tua adalah dicintai orang.
- Masuk penjara, cekal, rantai adalah cara musuh Islam menghalangi kaum muslimin dalam menegakkan agama Allah.
- Jika gigih memperjuangkan keimanan maka urusan dunia terasa ringan.
- Berpegang pada keimanan lebih kokoh dari seluruh rayuan.
- Hendaknya seorang mukmin senantiasa siap mental menghadapi segala kemungkinan.
- Terkadang orang-orang jahat mengenakan pakaian/menampakkan diri sebagai orang baik-baik.
- Jalan mencapai ilmu tidak bisa ditempuh melainkan dengan senantiasa dekat dengan orang yang berilmu.
- Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Allah memberikan jalan keluar dari problematika hidupnya.
- Takaran keimanan seseorang adalah mencintai dan membenci karena Allah.
- Di antara akhlak terpuji para nabi adalah mau mendengarkan seseorang yang sedang berbicara dengan baik.
- Seorang pemimpin hendaknya senantiasa memantau kondisi bawahannya.
- Diperbolehkan membeli budak dari tawanan perang, menghadiahkan dan memerdekakannya.
- Saling tolong menolong adalah gambaran dari wujud hidup bermasyarakat.
________________
[1] HR. Ahmad, 5/441; ath-Thabrani dalam al-Kabir (6/222); Ibnu Sa’ad dalam ath-Thabaqat, 4/75; al-Baihaqi dalam al-Kubra, 10/323.
No comments:
Post a Comment